Olahraga adalah hobby saya, terutama di cabang sepak bola yaitu olahraga yang membutuhkan kerjasama tim dan skill yang bagus, kenapa saya suka sepakbola…..???, saya suka sepakbola karena Hampir di seluruh penjuru planet Bumi menyukai olahraga ini. Tidak hanya dianggap sebagai olahraga terpopuler dan nomor satu, sepakbola juga sudah menjadi tontonan dan hiburan untuk semua kalangan.

dan saya menyukai sepakbola karena :

1. Sepakbola itu sederhana
Beberapa jenis olahraga mungkin terikat peraturan yang cukup rumit dan susah untuk dimengerti. tetapi aturan di sepakbola tidak rumit dalam aturan resminya selalu mempertemukan dua tim, dengan masingmasing 11 pemain/tim, di atas lapangan tersebut hanya membutuhkan waktu dua menit atau bahkan semenit untuk dipahami: lari – umpan – tendang ke gawang lawan – gol.

2. Jarang terjadi perubahan peraturan
Modifikasi atau perubahan peraturan dalam sepakbola terakhir dilakukan pada tahun 1992 silam yakni aturan backpass. Apa itu? Singkatnya begini: saat kamu mengumpan balik menggunakan kaki kepada kiper, usahakan sang kiper untuk tidak memegang bola hasil umpan tersebut — entah bolanya mau ditahan menggunakan kaki, kepala, atau diajak curhat, terserah, pokoknya jangan langsung dipegang.

3. Time-out? No!
Yups. Dalam sepakbola tidak ada yang namanya time-out — kecuali yang pernah terjadi di Indonesia dalam pertandinganpertandingan persahabatan beberapa waktu yang lalu, entah apa sebutannya. Mengapa? Untuk menjaga ritme dan tensi pertandingan. Coba bayangkan dalam satu pertandingan, tim sepakbola kesayanganmu — sebut saja “klub A” — tertinggal satu gol saat melawan klub sepakbola pujaan dari “sahabat-yang-dengan-tega-nikung-kekasihmu” — sebut saja “klub B”. Tibatiba pada menitmenit akhir laga, “klub B” melakukan time-out untuk mengulur waktu dan mengembalikan sisasisa tenaga pemainnya. Hampir bisa dipastikan golgol dramatis pada masa injury-time tidak akan tercipta karena momentum yang “dirampas” oleh time-out tadi. “klub A” kesayanganmu kalah, dan kamu, iya kamu, kembali “kalah” dari “sahabat-yang-dengan-tega-nikung-kekasihmu”.

4. Golgol indah
Apa yang paling dicari dan dinantikan dalam sebuah pertandingan sepakbola? Yups, gol! Dan kita, yang sialnya, hanya bisa menjadi “fans kelas tiga” akan semakin terpuaskan ketika menyaksikan sebuah gol yang sangat brilian dan indah. Football is as good as sex, comrade!

5. Bisa dimainkan di mana saja
Sepakbola merupakan olahraga yang bisa dimainkan di mana saja [dan menggunakan apa saja]. Hanya butuh bola, tempat, dan dua anak cukup. Bola yang digunakan untuk tendang-tendangan bisa bola yang paling bagus kualitas resmi FIFA atau bahkan bola plastik yang sekali tendang langsung kempes.

6. Fanatisme suporter
Semangat dari para suporter inilah yang membikin sepakbola menjadi lebih asyik dan membuktikan bahwa olahraga yang satu ini banyak yang suka. Stadion stadion  atau tempat mana pun yang menjadi venue untuk bermain bola atau hanya sekadar nobar siaran langsung sepakbola di televisi bakal selalu dipenuhi dengan teriakan dan nyanyian rombongan kelompok fans sepakbola. Aku yang selalu mengaku sebagai penggemar berat sepakbola juga sedang menyanyi penuh kegirangan sewaktu menulis artikel ini karena rasa sayangku kepada sepakbola.

Dan juga, kefanatikan suporter sepakbola jauh berbeda dan lebih mengasyikkan  serta lebih seksi  daripada suporter olahraga lainnya.

Tinggalkan komentar